10 Cara Memilih Laptop Berkualitas, Wajib Ketahui Sebelum Membeli 

Sekarang ini dengan adanya peningkatan kinerja teknologi dan tuntutan zaman membuat laptop menjadi teknologi pilihan ternama yang dapat dengan mudah dibawa kemana-kemana. Sehingga membuat laptop menjadi alat essential di zaman sekarang ini terutama ketika mulai munculnya Pandemi Covid-19 yang makin menuntut masyarakat untuk memiliki sebuah laptop untuk mendukung kinerja mereka sehari-hari. Hal ini menjadikan banyak brand-brand teknologi ternama yang akhirnya mengeluarkan berbagai macam laptop yang membuat kita bingung untuk cara memilih laptop berkualitas.

Cara Memilih Laptop Berkualitas

Nah, kebetulan sekali BukuTekno telah mencari tahu berbagai cara memilih laptop berkualitas yang wajib banget kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Karena jika salah-salah memilih bisa jadi laptop yang sudah kalian beli ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan performa kalian dalam bekerja sehari-hari dan akhirnya kalian hanya membuang-buang uang saja. Hal itu yang membuat BukuTekno ingin memberitahukan kepada kalian cara memilih laptop berkualitas sebagai berikut ini, agar kalian tidak salah-salah dalam memutuskan membeli laptop. 

1. Tips Memilih Laptop Berdasarkan CPU 

Tips Memilih Laptop Berdasarkan CPU, Cara Memilih Laptop

Tips : 

  • Semakin baru generasi sebuah CPU semakin bagus
  • Semakin tinggi spesifikasinya semakin bagus
  • Untuk gaming dan desain disarankan laptop di atas core i5 ( intel ) / ryzen 5 ( amd ) 
  • Perhatikan hasil benchmark untuk dapat melihat perbandingan performancenya 

Cara memilih laptop berkualitas pertama versi BukuTekno adalah dengan memilih laptop berdasarkan CPU nya. CPU ( Central Processing Unit ) adalah otaknya komputer yang memiliki pengaruh besar terhadap kinerja dari komputer tersebut sesuai dengan yang sedang kalian lakukan. Penggunaan Prosesor Intel Core menjadikan kinerja laptop kalian menjadi sempurna terutama dalam pemakaian multi-tasking dan multimedia.

Penggunaan Notebook berbasis Core i3 ini rata-rata dapat kalian temukan di sistem entry-level dan untuk i5 biasa nya dapat kalian temukan di komputer-komputer. Jika kalian sedang mencari laptop dengan kinerja yang baik, coba untuk mencari laptop dengan yang menggunakan CPU Intel Core i5, namun pekerjaan yang dilakukan pun masih di tahap standar, jika kalian membutuhkan untuk pekerjaan yang lebih berat lagi BukuTekno sarankan untuk memilih yang lebih besar seperti Core i7, Core i11 atau Intel 11th Gen CPUs. Tapi memang jika Core yang digunakan semakin tinggi maka harganya pun akan semakin mahal. 

2. Pilih SSD atau HDD

Pilih SSD atau HDD, Cara Memilih Laptop

Dalam penggunaan laptop, kadang kala Storage Drive lebih banyak dibutuhkan daripada kecepatan CPU nya. Jika kalian dapat membelinya dan tidak membutuhkan banyak penyimpanan internal, sebaiknya kalian membeli laptop dengan penggunaan solid state drive dibandingkan hard drive. Penggunaan laptop kalian bergantung dengan apa yang akan kalian lakukan. Kalau sesuai dengan saran BukuTekno sebaiknya kalian membeli laptop yang sudah menggunakan Solid State Drive (SSD) karena SSD menawarkan kecepatan yang tentunya jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

Penggunaan Graphics Chip pada sebagian besar laptop akan berfungsi dengan baik jika kalian menggunakannya ketika sedang bermain game, grafik 3D atau pun pengeditan video beresolusi tinggi dan jika ingin lebih tinggi lagi kalian dapat meningkatkannya ke prosesor grafis dari AMD atau Nvidia. 

3. Cek Spesifikasi Webcam

Cek Spesifikasi Webcam, Cara Memilih Laptop

Cara memilih laptop berkualitas selanjutnya adalah dengan melihat dari webcamnya. Saat ini webcam sangatlah dibutuhkan terutama di masa Pandemi Covid ini ketika sekarang semuanya harus dilakukan secara daring mulai dari kegiatan belajar mengajar sampai meeting di kantor. Tetapi ada juga laptop yang saat ini belum memiliki webcam terutama laptop-laptop gamers yang lebih mementingkan performa laptopnya dibandingkan webcamnya. 

Namun, jangan khawatir jika laptop yang kalian miliki tidak memiliki webcam karena saat ini kalian dapat membeli webcam secara terpisah. Rata-rata webcam saat ini memang masih memiliki kualitas yang belum terlalu tinggi hanya di rata-rata 720p terutama pada laptop-laptop dengan harga yang terjangkau. Jika dahulu webcam ini tidak terlalu banyak dibutuhkan, namun sekarang webcam menjadi salah satu gaya hidup orang-orang dalam menggunakan zoom sehingga mungkin akan jauh lebih nyaman jika kalian bisa mendapatkan webcam dengan kualitas resolusi kameranya mencapai 1080p

4. Cek Jumlah Port

Cek Jumlah Port, Cara Memilih Laptop

Port pada laptop sangatlah penting bagi kalian yang menggunakan laptop untuk bekerja. Dalam pengertiannya port merupakan tempat untuk mencolok sesuatu benda ke laptop kalian seperti perangkat USB atau colokan pengisi daya. Selain itu kalian juga dapat mencolok hardisk external atau drive SSD, mouse dan keyboard tambahan. Ketika membeli laptop setidaknya kalian harus mencari yang minimal terdapat satu USB-C, satu USB-A dan Jack mikrofon / headset.

Jika saat ini kalian memiliki laptop dengan hanya satu port USB 3.0, sebaiknya kalian mulai mempertimbangkan untuk mencari laptop yang lainnya karena idealnya sebuah laptop itu harus memiliki setidaknya lebih dari satu port USB 3.0. Port konektor 3.0 ini sudah merupakan industri teknologi yang biasanya digunakan pada laptop karena kecepatannya yang mencapai sepuluh kali lipat dibandingkan dengan USB 2.0. Yang berarti ketika kalian sedang mentransfer data menggunakan USB 3.0 ini kalian hanya membutuhkan waktu yang singkat. 

5. Pilih Ukuran dan Bentuk 

Pilih Ukuran dan Bentuk, Cara Memilih Laptop

Cara memilih laptop yang bagus biasanya berdasarkan dari ukuran dan bentuknya, biasan sebelum membeli laptop kalian sudah mengetahui apa yang ingin kalian lakukan dengan laptop ini agar dapat memilih bentuk dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan kalian. Karena ukuran dan bentuk laptop bukanlah seperti RAM atau ROM laptop yang dapat kalian ganti dan upgrade kapan saja, ukuran dan bentuk yang sudah kalian pilih ini akan terus seperti ini kecuali kalian membelinya yang baru, sehingga bijak-bijaklah memilih laptop sebelum kalian memutuskan untuk membelinya. 

Biasanya rata-rata ukuran laptop itu mulai dari 11 inci sampai 17 inci. Untuk ukuran 13 inci sampai 17 inci biasanya ditawarkan oleh beberapa merek elektronik ternama seperti HP, Dell, ASUS, Acer. Nah, jika kalian ingin membeli laptop karena mengutamakan portabilitas sebagai prioritas kalian maka BukuTekno menyarankan untuk membeli laptop dengan ukuran yang lebih kecil dan cenderung tipis serta lebih ringan dengan ukuran minimal 12 inci dan berat 1 kg sampai 1,5 kg. Itu akan mempermudah kalian dalam melakukan portabilitas sehari-hari. 

6. Pilih Brand Laptop Terbaik

Biasanya saat ini kualitas dari sebuah laptop juga dipengaruhi dari brand yang dipilihnya tergantung dukungan teknis yang dimiliki perusahaan yang memproduksi elektronik ini. Sekarang ini, merek dari laptop sudah menjadi salah satu hal yang membuat pilihan kalian jadi sangat bernilai.

Sehingga kalian harus mempertimbangkan terlebih dahulu brand yang kalian pilih apakah dapat menghadapi persaingan dalam hal desai, nilai atau mutu dan kinerja serta kriteria lainnya. Dan terakhir pastikan laptop yang kalian ingin beli ini berasal dan diproduksi dari perusahaan yang memang sudah terkenal dan terpercaya kualitas produknya. 

7. Cek Kualitas Laptop

Cara memilih kualitas produksi laptop yang baik karena para pengguna laptop bisa saja tidak selalu hati-hati dengan pemakaian laptop tersebut yang mungkin terjatuh, terlempar bahkan tertindih oleh benda berat. Sehingga BukuTekno menyarankan untuk memeriksa terlebih dahulu mengenai ketahanan laptop dan sudah berapa kali melakukan pengujian ketahanan serta apakah memiliki sertifikat yang terpercaya. Walaupun begitu, kalian tidak perlu khawatir karena banyak laptop-laptop modern yang tergolong lebih ringan dan tipis ternyata memiliki kekuatan yang terhadap cipratan air dan debu. Ada beberapa laptop tersebut juga yang di produksi khusus terhadap lingkungan yang membutuhkan daya tahan yang tinggi dan sudah dilengkapi dengan sertifikasi perlindungan tingkat militer. 

Seperti MIL-STD 810G yang saat ini merupakan standar militer yang digunakan oleh Amerika Serikat untuk menunjukan tingkat ketahanannya. Produk ini sudah berhasil melewati 29 tes tantangan terpisah guna mengukur ketahanan terhadap goncangan, panas, dingin, kelembaban dan lain sebagainya. Teknologi MIL-STD-810G ini sudah dapat kalian nikmati dari beberapa tahun terakhir ini. Cara lainnya untuk mempermudah kalian mengetahui kualitas laptop tersebut adalah dengan melihat desain laptop apakah sudah dibuat seputar daya tahan atau belum. 

 8. Cek Spesifikasi Layar

Sebelum membeli laptop sebaiknya kalian memeprtimbangkan juga kira-kira layar seperti apa yang kalian butuh, layar sentuh atau tidak? Saat ini terobosan layar sentuh memang sedang umum digunakan untuk mempermudah dalam melakukan beberapa pekerjaan dibandingkan layar yang tidak menggunakan layar sentuh. Sekarang sudah beberapa laptop yang yang telah menggunakan fitur ini sebagai standar barunya. Tapi memang dengan terdapatnya fitur ini pada laptop kalian maka biaya yang dibutuhkan pun juga bertambah sesuai dengan berapa sensitivitas yang kalian perlukan.

Namun, sayangnya memang memiliki layar sentuh ini kalian harus lebih berhati-hati lagi karena fitur layar sentuh sangatlah rentang terhadap silau, cipratan air bahkan debu yang menjadi kelemahannya. Jadi, walaupun memang layar sentuh terkesan lebih bagus tapi mungkin kalian dapat membertimbangkannya ingin tetap menggunakan layar sentuh tersebut atau layar biasa yang tidak memiliki fitur layar sentuh. 

Berikutnya, sebelum membeli laptop sebaiknya kalian melihat terlebih dahulu resolusinya karena resolusi standar saat ini sudah mencapai 1920 x 1080 piksel ( Full HD ) jadi jika kalian tidak memperhatikan resolusinya dan membeli yang dibawah ini mungkin kalian akan menyesal. Sekarang bahkan pada beberapa laptop sudah menawarkan resolusi mencapai 4K loh!

Tapi, panel layar kelas atas ini memang pada umumnya memiliki harga yang lebih mahal karena panel ini merupakan tambahan produk bukan merupakan bawaan dari laptopnya. Jika kalian ingin menggunakan resolusi 4k ini pastikan kalian ingin memanfaatkannya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menuntut kalian untuk menggunakan resolusi layar yang tinggi seperti profesional content creator ataupun gamers yang resolusi layar sudah menjadi tuntutan paten untuk dimiliki. Selain itu akurasi warna yang baik juga harus ada dan ditambah juga dengan gamut warna yang lebih luas dengan standar yang sudah HDR. Hal tersebut merupakan salah satu ciri dari Delta E<1 yang akurasi warna dan cakupannya menjadi 100 persen dari gamut warna DCI-P3.

9. Sesuaikan Budget

Cara memilih laptop selanjutnya adalah sesuaikan budget yang kalian miliki. Karena percuma saja kalian sudah memilih fitur laptop sesuai dengan kebutuhan tapi jumlah yang kalian miliki masih belum mencukupinya, sehingga kalian harus menyeimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Mungkin kalian harus mulai mencoba membuat beberapa kompromi dalam keuangan kalian saat ini jika berkaitan dengan harga barang. Jangan sampai kalian tergiur hanya karena fitur dan aspeknya yang keren sehingga memaksa keadaan financial kalian yang sebenarnya tidak mencukupi, maka sebaiknya kalian mencari jalan tengahnya yang menguntungkan keuangan kalian dan laptop yang kalian ingin beli.

Pemahaman kalian mengenai spesifikasi kinerja dan sistem operasi laptop saja tidaklah cukup, tapi kalian juga harus mulai memahami pemilihan laptop berdasarkan budgetingnya juga. Karena saat ini sudah sangat mudah mencari dan merekomendasikan laptop dengan fitur-fitur dan performa yang kelas atas tapi jika kalian tidak mampu membelinya maka itu akan menjadi percuma saja. Kalian pastinya ingin dong memiliki laptop yang berfungsi dengan baik tapi juga tidak menguras dompet kalian. Hal ini sudah didengar oleh beberapa brand laptop ternama sehingga seiringnya waktunya berjalan, sudah banyak produksi-produksi laptop yang memiliki performa yang cukup baik dengan harga di bawah 3-4 jutaan. Sehingga berapapun anggaran yang kalian miliki, kalian masih dapat menemukan laptop sesuai dengan kebutuhan kalian sehari-hari. 

 10. Pilih Tempat Pembelian Yang Tepat 

Cara memilih laptop berkualitas terakhir yang masuk ke dalam list BukuTekno adalah pilih tempat pembelian yang tepat. Hal ini mungkin akan menjadi cara tersulit dari rangkaian cara-cara memilih laptop yang lainnya. Karena mencari toko laptop yang sempurna dan mudah dipercaya kualitasnya sekarang ini memang sedang sulit. Tapi jangan khawatir karena kemajuan teknologi saat ini kalian dapat langsung membelinya di situs web produsen dari brand laptop yang sudah kalian putuskan untuk membelinya atau juga kalian dapat datang langsung ke toko resmi dari brand tersebut. Kalian tidak perlu takut ya untuk datang dan pergi ke toko resmi brand tersebut atau melihat-lihatnya secara online karena kebenarannya sudah pasti terjamin dibandingkan kalian pergi ke toko-toko elektronik yang tidak resmi. 

Walaupun tidak perlu takut tapi tetap saja BukuTekno menyarankan kalian untuk terus berhati-hati karena situs web pabrikan dari produk apple, HP, Microsoft dan Dell saat ini sudah cukup banyak tersebar begitu juga di toko-toko online yang membuat harga jauh lebih tinggi dibandingkan pasarannya. Sehingga kalian juga harus bisa memperhatikan detail dan baca spesifikasi di setiap halamannya ya agar dapat memastikan bahwa laptop yang kalian beli itu memang memiliki harga pasaran yang segitu dan tidak lebih mahal. Selain harga pastikan juga garansi yang dimiliki laptop tersebut, karena setiap garansi yang dimiliki setiap toko sangat bervariasi. Satu lagi, untuk hal ini BukuTekno lebih menyarankan kalian untuk dapat membelinya secara langsung ya agar dapat melihat dan mencoba langsung laptop yang ingin kalian beli tersebut, agar tidak menyesal dikemudian hari. 

Nah, inilah beberapa cara memilih laptop berkualitas yang wajib banget kalian ketahui sebelum membeli laptop versi BukuTekno agar kalian dapat memilih laptop sesuai dengan kebutuhan kalian dan tidak salah memilihnya karena jika salah kalian akan hanya kecewa dan membuang-buang uang saja. Jadi, pastikan ya sebelum kalian membeli laptop untuk membaca beberapa cara memilih laptop dari BukuTekno ini ya, semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: