10 Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Ampuh, Work 100%

cara mengatasi pc lemot di rumah

Cara Mengatasi Komputer Lemot sebenarnya tidak begitu sulit jika kita tau dasar-dasar komputer. Memiliki komputer yang lemot dan lambat pasti sangat menyebalkan, apalagi jika kita sedang membutuhkan komputer tersebut untuk bekerja cepat atau hal berat.

Komputer yang melambat kinerjanya setelah dipakai beberapa tahun, biasanya memiliki beberapa hal yang menjadi penyebab komputer lemot.

Salah satu di antaranya adalah terlalu banyak file, virus hingga software yang tidak terpakai namun berjalan di sistem latar belakang sehingga membebani kinerja komputer.

Untuk memperoleh kinerja komputer yang lebih cepat dan baik, kamu tidak perlu Merakit Komputer Baru atau Melakukan Install Ulang. Yang perlu kamu lakukan adalah mengatasi masalahnya.

Berikut ini BukuTekno rangkum cara mengatasi komputer melambat baik untuk Windows XP, Windows 7 Hingga 10.

10 Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot

Tentunya kita semua menginginkan kinerja komputer yang cepat dan handal ketika digunakan bekerja atau bermain game. Namun terkadang performa komputer sering menurun sehingga suka terjadi Lag atau Lemot saat digunakan.

Dibawah ini merupakan tutorial mengatasi sistem komputer yang melambat dan hampir dari semua cara ini bisa bekerja dengan baik.

1.Cek Harddisk

Semakin sering kamu menggunakan komputer maka semakin sedikit pula memori kosong yang tersedia pada Harddisk, oleh karena itu kamu bisa sering-sering mengecek jumlah free space yang dimiliki harddisk-mu.

Kalo free space yang dimiliki harddisk kamu tinggal sedikit, anda bisa menghapus beberapa file atau aplikasi untuk melonggarkan kapasitas harddisk tersebut supaya kecepatan komputermu kembali normal.

2.Stop Program Tidak Penting yang Berjalan Saat Startup

Ketika anda menyalakan komputer, terkadang ada beberapa software yang berjalan secara otomatis tanpa diminta. Hal inilah yang bisa menyebabkan RAM Cepat Penuh ketika startup.

Sehingga bisa membebani kinerja PC dan komputer pun akan menjadi lemot, maka dari itu lebih baik matikan program yang tidak penting saat berjalan di startup.

Caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke jendela Run, lalu ketikkan msconfig. Setelah itu akan muncul jendela System Configuration lalu kamu bisa memilih tab Startup.

Setelahnya hilangkan tanda centang pada software yang tidak penting, sesudah itu Klik OK dan restart komputer kamu.

3.Bersihkan File Temporary

File sementara atau File Temporary tersimpan pada Harddisk yang kamu jadikan Sebagai tempat sistem operasi. File-file ini terbentuk ketika anda sedang bekerja menggunakan komputer.

Untuk membuat performa pc jadi lancar, anda bisa menghapus file ini pada tool Disk Cleanup. Tool yang satu ini bisa membersihkan file sementara yang tidak berguna pada komputer anda.

4.Upgrade RAM

Solusi untuk mempercepat kinerja komputer yang lain adalah dengan Mengupgrade Kapasitas RAM agar performa multitasking komputer meningkat. Produsen motherboard biasanya menyediakan beberapa Slot RAM yang bisa kamu maksimalkan.

Anda bisa menambah Kapasitas RAM Supaya kinerja komputer anda tidak lemot lagi.

5.Hapus Program Yang Tidak Penting

Jika kamu memiliki banyak aplikasi pada komputermu, kamu bisa menghapus beberapa program yang tidak berguna agar mempercepat kinerja komputer dan menambah free space pada harddisk.

Uninstall software yang memang sudah tidak kamu gunakan lagi seperti Internet Explorer atau program yang lain.

6.Defragment Harddisk Secara Rutin

Harddisk komputermu akan terfrakmentasi ke dalam ratusan bagian file di setiap lokasi seiring berjalannya waktu dan penggunaan. Hal ini bisa memperlambat kinerja komputermu.

Oleh karena itu, untuk mempercepat kinerja komputer yang lemot kamu bisa melakukan Defragment pada harddisk secara rutin agar kinerja komputermu maksimal.

7.Ganti ke SSD

SSD Merupakan salah satu jenis media penyimpanan yang memiliki kecepatan Write & Read Lebih cepat dari harddisk biasa. SSD Menggunakan Chip untuk memaksimalkan fitur penyimpanan data dibandingkan Harddisk yang masih menggunakan kepingan.

Salah satu kelebihan dari SSD yakni Booting komputermu bisa menjadi lebih cepat karena kinerja SSD yang cepat. Saat ini sudah banyak SSD murah yang bisa kamu jadikan alternatif sebagai tempat instalasi sistem operasi komputermu.

8.Gunakan Antivirus Terupdate

Untuk mengamankan komputer kita dari serangan virus dan malware berbahaya yang bisa menyebabkan komputer menjadi lemot. Kita wajib menggunakan Antivirus Terbaik untuk melindungi komputer kita.

Dengan Software Antivirus kinerja komputer kita tidak akan melambat karena tidak akan ada virus yang bisa menyerang pc kita. Cukup install satu aplikasi antivirus saja karena Software ini membutuhkan RAM yang cukup besar.

9.Bersihkan Komputer Anda

Jika sebelumnya komputer anda baik-baik saja dan tidak ada kendala lemot, Namun seketika pc anda menjadi lemot, kemungkinan hal tersebut terjadi karena  keadaan fisik komputer yang kotor sehingga harus dibersihkan.

Kamu bisa membersihkan fisik komputer secara berkala agar kinerja selalu terjaga dan optimal, jangan lupa untuk menganti thermal paste pada Prosesor supaya suhunya tetap stabil.

10.End Task Proses pada Komputer

Jika komputermu berisi banyak program yang sedang berjalan dilatar belakang, kamu bisa mengurangi prosesnya agar tidak membuat komputermu lambat.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu membuka Menu Task Manager setelah itu hentikan program yang kamu inginkan.

Nah, itu dia 10 cara mengatasi komputer lemot yang paling ampuh dan wajib dilakukan jika ingin kinerja komputer kembali normal dan cepat kembali. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Menarik Lainnya:

Buku Tekno

About the Author: Buku Tekno

Saya Suka dengan Teknologi.