4 Cara Root HP Android Menggunakan Aplikasi, Tanpa PC

Bagi kalian yang belum tahu, ternyata melakukan root HP Android sangatlah penting lho! Terutama bagi kalian yang ingin masuk ke dalam hak akses sebuah file system. Dengan melakukan hal ini kalian kalian akan dengan bebas melakukan perubahan ataupun pengeditan pada segala hal yang tersedia di sistem HP Android kalian. 

Namun, hal ini tidaklah mudah karena memiliki resiko yang cukup tinggi jadi kalian harus terus berhati-hati dalam melakukan proses root HP ini. Oleh karena itu pertimbahkan secara baik-baik untuk melakukan root HP Android kalian. Jika kalian sudah yakin maka tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak cara root HP Android tanpa susah-susah menggunakan PC namun tetap dengan cara yang mudah. 

Cara Root HP Android Tanpa PC

Nah, karena hal tersebut kebetulan BukuTekno telah merangkumkan cara root HP Android tanpa PC dan sangat mudah hanya untuk kalian nih. Jadi tidak perlu khawatir lagi nih untuk kalian yang tidak mempunyai komputer untuk tapi tetap ingin melakukan root HP Android kalian. Hmm kira-kira bagaimana caranya ya? Langsung saja tanpa perlu banyak basa basi lagi inilah cara Root HP Android tanpa PC dan tentunya sangat mudah versi BukuTekno.

Persiapan Root HP Android

Sebelum kalian melakukan Root pada HP Android kalian, ada beberapa langkah terlebih dahulu dalam mempersiapkan meroot HP Android kalian tanpa harus menggunakan PC, hal tersebut dapat kita terapkan pada berbagai merk HP Android yang akan Buku Tekno jabarkan sebagai berikut : 

1. HP Samsung 

Jika kalian menggunakan HP Samsung dan ingin melakukan root terhadap HP kalian tersebut, sebaiknya kalian memastikan terlebih dahulu bahwa HP tersebut sudah mengizinkan aplikasi tidak dikenal dengan cara sebagai berikut :

  • Buka pengaturan HP Samsung kalian
  • Lalu pilih biometrik dan keamanan, setelah itu pilih install aplikasi tidak dikenal
  • Maka setelah itu akan muncul banyak aplikasi, kalian dapat memilih aplikasi file saya
  • Lalu pilih izinkan dari sumber ini

2. HP Xiaomi 

HP Xiaomi, Cara Root HP Android

Bagi kalian para pengguna HP Xiaomi sebenarnya caranya tidak terlalu jauh berbeda dari HP Samsung. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kalian lakukan untuk mempersiapkan root HP Xiaomi kalian : 

  • Buka pengaturan HP Xiaomi
  • Lalu pilih setelah tambahan setelah terbuka pilih privasi
  • Lalu pilih aktifkan sumber yang tidak dikenal lalu kalian dapat pilih oke

3. HP Oppo & Vivo

HP Oppo Vivo, Cara Root HP Android

Jika kalian memiliki HP Oppo atau Vivo dan ingin segera melakukan root pada HP kalian tersebut, sebaiknya kalian melakukan perizinan aplikasi yang tidak dikenal terlebih dahulu di HP Android Oppo atau Vivo kalian tersebut. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Masuk ke Pengaturan HP Oppo
  • Setelah itu klik setelah tambahan dan pilih Keamanan dan Privasi
  • Lalu aktifkan pengaturan izinkan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal pada HP android kalian tersebut

Cara Root HP Android Tanpa PC 

Melakukan root HP saat ini sebenarnya bukanlah lagi hal yang sulit saat ini. Namun, masih banyak orang awam yang bingung dan mengalami kesulitan dalam melakukan hal ini dan pada akhirnya membuatnya menjadi tidak berniat untuk melakukan hal ini lagi karena banyaknya tutorial yang tersebar di internet sangat susah dan harus menggunakan komputer / laptop. 

Tapi kalian jangan khawatir lagi karena BukuTekno sudah memiliki beberapa cara serta aplikasi yang dapat kalian unduh hanya dengan menggunakan HP android kalian tersebut, dan kali ini BukuTekno akan membagikan tutorialnya tersebut untuk kalian mempermudah dalam proses rooting HP android kalian tanpa harus pergi ke konter HP. Untuk aplikasi-aplikasi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kingroot 

Nah, untuk yang pertama ini BukuTekno akan memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Kingroot. Sebuah aplikasi terkenal dan populer karena kemampuannya untuk melakukan root HP dengan cepat dan mudah. Buat kalian yang memang sudah terbiasa dan menyukai hal-hal yang berbau dunia pengoperakan android memang mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Selain terkenal dan populer, aplikasi ini juga sudah selalu menjadi andalan para user android untuk dapat melakukan rooting tanpa bantuan PC. 

Kira-kira bagaimana caranya ya? Untuk ingin mengetahui caranya kalian bisa langsung mengikuti langkah-langkah cara root HP Android menggunakan Kingroot ini versi BukuTekno, sebagai berikut : 

  1. Kalian harus mendownload terlebih dahulu aplikasi bernama KingRoot, setelah itu lakukan install seperti aplikasi pada umumnya kemudian setelah selesai kalian dapat langsung membukanya
  2. Untuk langkah selanjutnya kalian harus menghilangkan centang pada opsi “Install recommendations app” lalu klik “One Click Root” untuk memulai proses rootingnya. Tunggu prosesnya hingga benar-benar selesai
  1. Untuk proses rootnya memang akan memakan waktu beberapa menit, sehingga kalian mungkin bisa sembari melakukan pekerjaan yang lainnya. Jika telah selesai biasanya akan muncul notif untuk menginstall “SuperUse” maka kalian bisa langsung pilih “Install Anyway” dan tunggu kembali hingga prosesnya bener-bener sudah selesai. 
  1. Gimana cukup mudah bukan? Dengan hanya satu kali klik saja kalian sudah dapat meroot Hp Android kalian dengan cepat.

Untuk dapat memastikan bahwa HP Android kalian benar-benar sudah diroot dengan baik, maka kalian bisa langsung download lagi aplikasi Root Checker untuk menjalankan tes agar dapat terlihat apakah HP Android kalian sudah benar-benar telah di root secara sempurna atau belum. 

2. Framaroot

Framaroot, Cara Root HP Android

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini, Yups! Apalagi kalau bukan Framaroot. Aplikasi ini memang sudah terkenal dan populer dikalangan masyarakat karena sudah terbukti ampuh dan cepat untuk melakukan root HP Android tanpa ribet. Cara untuk menggunakannya pun cukup simple terutama bagi kalian yang baru pertama kali melakukan root HP Android, berikut adalah langkah-langkahnya : 

  1. Pertama-tama kalian harus mendownload terlebih dahulu aplikasi framaroot kemudian kalian dapat menginstalnya seperti aplikasi pada umumnya.
  2. Setelah selesai, kalian bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan kalian dapat langsung memilih “Install SuperSu” kemudian di bagian exploitnya kalian dapat memiliki “Gandalf” saja. 
  3. Kemudian biarkan framaroot bekerja secara maksimal dalam proses meroot HP Android kalian dan nantinya setelah selesai maka akan langsung muncul notif bertulisan “sukses”.
  4. Dan yang terakhir kalian tinggal merestart HP kalian saja, dan kalian sudah melihat aplikasi bernama SuperSu sudah terinstall di dalam HP Android kalian berarti HP tersebut sudah berhasil diroot secara sempurna. 

3. 360 Root 

360 Root, Cara Root HP Android

Aplikasi yang selanjutnya ini masih tidak kalah ampuhnya dengan dua aplikasi yang sebelumnya dalam persoalan meroot HP Android kaian. Jika dua aplikasi di atas tidak dapat di download maka 360 Root ini dapat menjadi alternatif kalian dalam melakukan root HP. Masih dengan kemudahan dan kecepatan yang dimilikinya pasti akan mempermudah kalian para pemula untuk melakukan Root HP sendiri. Untuk itu inilah tutorial dari BukuTekno, pastikan kalian mengikuti langkah-langkahnya secara benar ya! 

  1. Pastinya pertama-tama jangan lupa untuk mendownload terlebih dahulu aplikasi 360 Root ini kemudian install seperti aplikasi pada umumnya.
  2. Setelah itu kalian dapat membuka aplikasi 360 Root ini dan kalian dapat geser-geser saja ke arah kiri lalu klik tombol yang ada di bagian bawah. 
  3. Jika sudah selesai maka kalian akan masuk ke dalamnya, di dalam kalian tinggal mengklik sebuah tombol yang bertulisan “Root”.
  4. Kemudian aplikasi ini akan secara otomatis langsung bekerja untuk meroot HP Android kalian secara cepat. Kalian tinggal menunggu prosesnya saja sampai benar-benar selesai.
  5. Dan yang terakhir jika sudah selesai maka kalian tinggal merestart HP Android kalian saja dan proses rooting pun telah selesai, mudah bukan?

4. iRoot

Masih pada aplikasi root HP Android, aplikasi ini juga tidak kalah menariknya dengan aplikasi root yang lainnya. Selain cukup efektif, aplikasi ini juga mudah untuk digunakan terutama bagi kalian yang baru saja ingin mencoba-coba melakukan root HP. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Tentunya kalian harus mendownload Iroot yang hanya terdapat di website Officialnya.
  2. Lalu kalian dapat menginstalnya seperti biasa dan setelah selesai buka aplikasinya.
  1. Setelah itu maka akan muncul tulisan no root permission seperti pada gambar di atas. 
  2. Nah untuk melanjutkannya kalian dapat langsung mengklik Get Root Access Root dan tunggu prosesnya sampai benar-benar selesai.
  3. Maka secara otomatis mereboot HP Android kalian dan dengan begitu berarti HP Android kalian telah berhasil masuk ke root. 

Cara Cek Status Root HP Android 

Setelah melakukan root HP dengan aplikasi-aplikasi tersebut berhasil maka sebaiknya menurut BukuTekno kalian juga harus mengecek status root kalian untuk mengetahui apakah HP Android kalian telah benar-benar diroot dengan baik atau belum. Untuk cara mengeceknya kalian dapat mengikuti cara-caranya sebagai berikut :

  1. Pertama-tama kalian harus menginstal terlebih dahulu aplikasi bernama root checker.
  2. Setelah itu buka aplikasinya dan secara otomatis akan langsung muncul tampilan layar halaman depan. 
  3. Lalu setelah muncul kalian dapat memilih verifikasi robot dan tunggulah beberapa saat.
  4. Kemudian jika HP Android kalian sudah benar-benar diroot maka akan secara otomatis muncul sebuah notification bertuliskan “Congratulations…”
  5. Dan sebaliknya jika HP Android kalian belum diroot dengan baik maka akan muncul notification bertuliskan “notif sorry … “ 

Jadi, dari cara-cara tersebut sebenarnya caranya tidak sama satu sama lain tapi juga tidak terlalu jauh berbeda. Tapi dengan cara-cara ini kalian tidak perlu lagi meroot HP dengan memakai PC dan harus menginstall twrp terlebih dahulu. 

Nah, itulah cara root HP Android tanpa PC dan pastinya dengan cara yang sangat mudah ala BukuTekno, terutama bagi kalian para pemula yang baru pertama kali ingin mencoba meroot HP Android kalian. Sekian tutorial ini semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan menambah pengetahuan untuk meroot HP sendiri di rumah tanpa harus pergi jauh-jauh ke konter HP. Jika kalian masih merasa bingung, dapat langsung coment di kolom komentar ya.

Artikel Menarik Lainnya: