Cara Update Bios Dengan Mudah Dan Simpel, Pasti Bisa!

Update Bios

Jika kamu sudah menggunakan komputer sejak lama, pasti kamu tau apa itu BIOS. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System dimana hal ini memiliki fungsi vital pada sebuah komputer yang anda miliki. BIOS sudah tertanam secara default di dalam motherboard komputer anda.

BIOS sendiri membantu terhubungnya sistem operasi dengan perangkat keras yang anda miliki. Saat ini ada banyak orang yang bingung mengenai cara update bios untuk pc mereka.

Baca Juga: Cara Mengatasi Komputer Yang Suka Hang

Update BIOS atau yang biasa disebut Flashing BIOS juga memiliki arti yaitu memperbarui Firmware BIOS. Keuntungan dari hal ini adalah performa komputermu akan meningkat setelah Update pada BIOS dilakukan.

Cara Update BIOS Untuk Pemula

Sama seperti perangkat lunak lainnya, BIOS juga memerlukan update secara berkala agar komputermu bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Pada dasarnya, Update BIOS tidak perlu kita lakukan sesering mungkin. Apalagi saat ini banyak orang yang belum begitu paham bagaimana cara mengupdate BIOS laptop atau komputer mereka.

Ketika anda memutuskan untuk mengupdate BIOS komputer anda, berarti anda sudah tahu tentang Resiko yang bisa anda dapatkan jika terjadi kegagalan pada update BIOS Komputer.

Cara untuk mengupdate BIOS PC sendiri cukup rumit. Anda perlu memeriksa versi dari BIOS yang ada di dalam komputer anda. untuk mengetahuinya anda bisa membuka sistem informasi. Caranya dengan mengetik msinfo32.

Lalu lihatlah versi BIOS yang terdapat di dalam komputer anda. Setelah itu anda bisa mencari informasi mengenai versi terakhir bios yang disediakan untuk komputer anda.

Langkah-langkah Update BIOS Lewat Flashdisk

Berikut ini cara mudah mengupdate BIOS komputer anda menggunakan Flashdisk.

  • Download File Update BIOS Terbaru sesuai dengan versi Motherboard atau perangkat kalian
  • Pindahkan File ke USB Flashdisk
  • Colokkan USB Flashdisk ke komputer
  • Reboot Komputer Anda
  • Setelah itu Masuk ke BIOS dengan cara menekan F12
  • Lalu pilih USB Storage Device dan Enter

Biasanya setelah itu, sistem secara otomatis akan membuka command prompt. Jika sudah maka anda bisa mengikuti perintah yang terdapat di Command prompt tersebut.

Mencegah Hal Yang Tidak Diinginkan Ketika Mengupdate BIOS

Ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan ketika melakukan update pada bios. Salah satunya adalah melakukan Backup pada versi BIOS sebelumnya.

Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan agar terhindar dari error yang terjadi ketika melakukan update BIOS. Biasanya penyedia BIOS memiliki fitur untuk backup setiap kali anda melakukan update BIOS komputer yang anda miliki.

Nah, lakukan backup terlebih dahulu baru deh update software BIOS Laptop kalian.

Itulah informasi mengenai cara mengupdate perangkat lunak BIOS pada komputer dengan mudah. Lakukan update ini dengan hati-hati ya agar tidak terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Buku Tekno

About the Author: Buku Tekno

Saya Suka dengan Teknologi.