5 Tips Membuat Slideshow Secara Mudah, Praktis, dan Menarik

cara membuat slideshow

Sumber: https://static-cse.canva.com/blob/252942/Slideshow-maker-Canva-Content-Image.13b1e72d.png

Membuat slideshow kini tak sesulit yang dibayangkan. Anda dapat mengeksekusi berbagai konsep menarik lewat platform desain di berbagai macam kanal seperti aplikasi dan internet.

Slide show adalah karya audiovisual berupa gambar gerak yang biasanya ditujukan untuk sejumlah kebutuhan, seperti presentasi kerja hingga konten media sosial. Kehadiran video slideshow, bisa jadi alternatif saat kita bosan dengan hasil yang itu-itu saja.

Video slideshow yang dibuat dengan baik, bisa menginspirasi serta bikin audiens terpukau. Tentu saja, kita ingin hasil terbaik dam disukai orang-orang! Ingin tahu tips membuat slideshow secara mudah, praktis, dan menarik? Simak di bawah ini!

Tips Membuat Video Slideshow

1. Pilih Platform Desain Paling Sesuai

Tips pertama membuat video slideshow adalah menentukan platform desain terbaik versi pribadi. Banyak orang memilih aplikasi atau platform karena sudah terkenal, namun bisa saja itu tidak sesuai dengan keperluan kita. Ada baiknya untuk menyeleksi sejak awal.

Platform desain untuk membuat slideshow, harus disertai fitur yang lengkap namun mudah digunakan. Alat-alat desain yang tersedia, mesti menunjang seluruh kebutuhan pribadi. Apapun pilihannya, jadikan platform desain ini sebagai pilihan utama Anda.

2. Memikirkan Alur dari Awal sampai Akhir

Ide dan konsep adalah landasan utama dalam membuat video slide show. Bayangkan, bagaimana video tersebut dimulai? Gambar apa yang pertama ditayangkan? Lalu, seperti apa akhir dari tayangan slideshow? Pikirkan runutan ini sejak awal agar terbantu secara konsep.

Berpikir ke depan akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat, mulai dari penentuan gambar hingga elemen pendukung lainnya. Banyak kasus orang yang membuat slideshow tanpa konsep, sehingga ia merasa tak puas di akhir karena merasa tidak tersusun dengan baik.

3. Kemas dalam Durasi Pendek

Video slideshow yang terlalu lama, bisa mengundang rasa bosan bagi para penonton. Sekalipun isinya menarik, audiens biasanya menginginkan video yang lebih singkat, padat, serta jelas.

Sebagai saran, sesuaikan slideshow berdurasi sekitar 3 sampai 4 menit dengan jumlah foto berkisar antara 20 hingga 30. Atur setiap foto sekitar 3-5 detik per gambar. Ini adalah jumlah yang ideal, namun bisa juga Anda perpendek sesuai kebutuhan pribadi.

Durasi yang pendek, otomatis memicu kita untuk melakukan seleksi secara ketat. Pilihlah gambar terbaik dan mampu mewakili isi slideshow. Lebih bagus jika ia tersusun rapi dari awal sampai akhir durasi.

4. Pilih Gaya Animasi Terbaik

Banyak perangkat lunak saat ini yang memungkinkan kita menambah teks, animasi, klip video, dan transisi. Optimalkan pemilihan gaya animasi demi hasil slideshow yang lebih baik. Setiap platform desain menawarkan gaya berbeda, sehingga Anda harus bijak dalam memilih.

Gaya animasi yang dipilih saat foto berganti, sebaiknya tidak berlebihan. Buat secara sederhana, pas, dan mampu memenuhi kebutuhan dasar. Tak lupa, sesuaikan dengan dengan target audiens.

5. Tinjau Hasil Akhir

Video slideshow Anda sudah jadi? Lakukan peninjauan ulang. Jangan langsung ditampilkan, lebih baik periksa dahulu guna memastikan seluruh tampilan aman. Jika menggunakan audio, pastikan Anda menguji volumenya. Jangan terlalu keras, jangan pula terlalu sepi.

Itulah tadi tips membuat slideshow secara mudah, praktis, dan menarik. Ingat, gunakan slideshow sesuai konteks. Jika digunakan untuk presentasi kerja, buat konsep slideshow formal. Sementara jika video slide show santai, bebaskan sesuai keinginan pribadi.

Selamat mencoba!

Ardian Syahrizal

About the Author: Ardian Syahrizal

Halo, Nama Saya Ardian Syahrizal, saya sangat suka dengan kemajuan zaman dan perkembangan Teknologi yang terjadi saat ini. Salam kenal semuanya.